cover
Contact Name
Moh Hafidz
Contact Email
mohhafidz@stkippgri-bkl.ac.id
Phone
+6282331002437
Journal Mail Official
abdiku@stkippgri-bkl.ac.id
Editorial Address
http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/JA/about/editorialTeam
Location
Kab. bangkalan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal ABDIKU
Published by STKIP PGRI Bangkalan
ISSN : 26157276     EISSN : 26141450     DOI : -
Jurnal ini adalah Journal khusus pengabdian masyarakat yang diterbitkan oleh LPPM- STKIP PGRI Bangkalan yang bersifat open access yakni artinya dapat diakses terbuka oleh pengguna ataupun lembaganya tanpa biaya sesuai ketentuan lisensi yang diterbitkan oleh Common Creative. Redaksi menerima artikel hasil letters, research notes, articles, suplemental articles atau review articles atas pemikiran dan hasil pengabdian masyarakat dengan fokus bidang Pendidikan, Sosial, Budaya dan Keagamaan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 79 Documents
PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU DI SMPN 3 KAMAL MARIAM ULFA
Abdiku : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Abdiku
Publisher : Penerbit LPPM- STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.873 KB)

Abstract

Peningkatan kompetensi guru salah satunya adalah dengan menulis karya dapat berupa artikel, makalah, dan buku pelajaran. Kompetensi guru dalam menulis karya ilmiah berupa artikel masih belum dikatakan komprehensif sehingga memerlukan pelatihan agar terbiasa menulis. Artikel ilmiah yang ditulis oleh guru merupakan syarat kenaikan pangkat. Oleh sebab itu, agar guru dapat menulis sendiri dan belajar untuk mengunggah di jurnal nasional. Situasi di SMP Negeri 3 Kamal, artikel belum menjadi hal yang familiar sehingga jika saatnya kenaikan pangkat guru merasa kesullitan menghasilkan karya. Program pengabdian kepada masyarakat ini menjadi salah satu solusi bagi guru di lingkungan SMP Negeri 3 Kamal untuk bisa belajar menulis artkel sesuai dengan sistematika. Selain itu guru dapat belajar untuk mengakses laman jurnal ilmiah agar dapat memasukkan artikelnya sesuai dengan disiplin ilmunya.
PERANCANGAN SISTEM PENJADWALAN BEL SEKOLAH MENGGUNAKAN ARDUINO UNO ATmega328p PADA SMK MANDIRI BOJONGGEDE Bramantara; Tria Hadi Kusmanto; Adhi Susano
Abdiku : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Abdiku
Publisher : Penerbit LPPM- STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.588 KB)

Abstract

Menentukan waktu pertukaran kegiatan di sekolah, bel sekolah sangat dibutuhkan sebagai alat atau sarana yang memberikan kode bunyi pertukaran waktu tersebut. Bel sekolah digital berbasis arduino atau mikrokontroler memiliki kemampuan penjadwalan jam pelajaran. Bel sekolah menggunakan arduino mudah dilakukan dalam pengembangannya. Perancangan sistem penjadwalan bel sekolah bertujuan untuk mengembangkan sistem bel sekolah agar membantu guru piket harian di sekolah. Penerapan bel sekolah dilakukan pada sekolah SMK Mandiri Bojonggede yang masih menggunakan sistem bel saklar. Metode pelaksanaan dalam kegiatan ini adalah praktek dan presentasi untuk memberikan cara penggunaan dan keunggulan sistem. Hasil kegiatan merupakan purwa rupa perangkat bel yang menggunakan perangkat arduino Uno dengan chip ATmega 328p, RTC, MP3 player dan layar lcd sebagai interface dari sistem.
PKM KELOMPOK UKM MANDIRI SEJAHTERA RT 001/05 KREO-LARANGAN, KOTA TANGERANG, BANTEN DALAM MELATIH DAN MEMAJUKAN DAYA PENJUALAN BERBASIS ONLINE (E-COMMERCE) Puji Astuti; Ambar Tri Hapsari; Tria Hadi Kusmanto
Abdiku : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Abdiku
Publisher : Penerbit LPPM- STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.768 KB)

Abstract

Sumber daya manusia yang sangat terlatih dalam menghasilkan produk berupa makanan menjadikan UKM Mandiri Sejahtera memiliki potensi bisnis yang maju. Peningkatan produksi sangat dipengaruhi oleh daya jual hasil produksi.UKM Mandiri Sejahtera belum dapat meningkatkan daya jual kepada konsumen karena keterbatasan dalam melakukan penjualan hasil produksi. E-Commerce memiliki peran positif yang sangat signifikan baik bagi pebisnis konsumen maupun masyarakat. Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk memajukan daya penjualan Usaha Kecil dan Menengah secara digital serta melatih pemasaran berbasis online sebagai strategi dalam menanggulangi era pasar bebas Menggunakan metode presentasi materi dan implementasi secara langsung, kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan harapan mitra dapat memahami cara memasarkan produk secara online. Hasil dari pelaksanaan kepada masyarakat yaitu pengembangan sistem penjualan hasil produksi secara online dengan dibangunnya aplikasi e-commerce untuk UKM Mandiri Sejahtera RT. 001/005 Kreo-Larangan Tangerang Banten.
PEMBERDAYAAN GURU SLB TUNAS KASIH DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN CALISTUNG KARTUBARPEL BERBASIS METODE BELAJAR SAMBIL BERMAIN Sagala, Viktor; Widayati, Wahyu; Utami, Sri
Abdiku : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Abdiku
Publisher : Penerbit LPPM- STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.719 KB)

Abstract

Dewasa ini terkadang guru cenderung tidak menggunakan media sebagai alat bantu dalam pembelajaran, sehingga dapat mengurangi motivasi belajar siswa. Hal ini terjadi karena kurangnya biaya untuk pengadaan media pembelajaran di sekolah dan juga kurangnya kemampuan para guru di dalam membuat media pembelajaran tersebut. Pemakaian media pembelajaran sangat membantu dalam kegiatan pembelajaran khususnya pada anak berkebutuhan khusus (ABK). Membaca menulis merupakan salah satu aktivitas yang paling penting dalam hidup dan dapat dikatakan bahwa semua proses belajar didasarkan pada kemampuan membaca. Membaca adalah kegiatan paling penting dalam dunia pendidikan. Membaca, menulis, dan berhitung merupakan kemampuan dasar yang seharusnya diberikan pada anak usia Play Group dan TK sedini mungkin. Anak yang sudah mampu berbicara dengan lancar brarti sudah bisa diajarkan membaca, tetapi tidak dengan anak berkebutuhan khusus. Tidak sedikit anak dengan berkebutuhan khusus pada usianya yang seharusnya sudah mampu membaca menulis dan berhitung, akan tetapi masih belum mampu lancar berbicara khususnya pada anak penderita keterbelakangan mental atau yang sering disebut dengan Tunagrahita. Penelitian ini bertujuan membuat media pembelajaran calistung untuk siswa SLB Tunagrahita berbasis metode belajar sambil bermain, dan memberi pelatihan terhadap guru SLB Tunas Kasih mengenai pembuatan media yang murah, sederhana, dan cocok untuk siswa SLB Tunagrahita berbasis metode belajar sambil bermain. Hasil guru-guru SLB Tunas Kasih sydah memiliki wawasan mengenai metode pembelajaran belajar sambil bermain dan mampu membuat dan memanfaatkan media calistung untuk anak SLB tunagrahita. Kata Kunci : Media, Calistung, Belajar sambil Bermain
Pelatihan Penyusunan Alat Evaluasi Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi ( Program Wondershare Quiz Creator) Untuk Guru SDN Airlangga I Surabaya Iriyani, Dwi; Popiyanto, Yudha; Anshori, Sodiq
Abdiku : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Abdiku
Publisher : Penerbit LPPM- STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.552 KB)

Abstract

The community service program in the 2018 budget year was carried out with the aim of organizing community empowerment programs throughout the UPBJJ-UT region which included efforts to improve education and community welfare. Based on a description of the situation analysis of the partners/ assisted communities, the community service activities carried out were training in the development of information and communication technology-based evaluation tools (Wondershare Quiz Creator Program) for teachers of Airlangga I Elementary School in Surabaya. The implementation of this training activity is to provide understanding and skills on how to design and apply the wondershare quiz creator program in the development of evaluation tools for student learning outcomes. One of the targets to be achieved through community service activities is the change in attitude and improvement of the skills of partner communities so that the teachers of Airlangga I Elementary School Surabaya can develop evaluation tools for student learning outcomes using software wondershare quiz creator. The training was conducted with lecture methods, slide and video screenings, question and answer, interactive dialogue, opinion sharing and work practices.Community service activities as a whole are carried out in a span of 6 months (June - November 2018), starting from the planning, preparation, and implementation stages. In implementing community service, the team collaborated with lecturers from University of Wijaya Kusuma Surabaya namely the Language and Science Faculty as keynote speakers and instructors. The target community are teachers at Airlangga I Elementary School Surabaya and several teachers from Public and Private Elementary Schools from Gubeng District, Surabaya. The results of community service can be seen from the results of evaluating the processes, products, and participants' responses to the implementation of the training collected through the satisfaction questionnaire. In the process of implementing the training, partners generally have a great willingness and interest to take part in the training.
UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DAN SISWA SMA ISLAM PARLAUNGAN DALAM MENULIS KARYA TULIS MELALUI MADING TIGA DIMENSI DAN MAJALAH SEKOLAH ARDIANIK; BOEDI MARTONO; WINDI SETIAWAN
Abdiku : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Abdiku
Publisher : Penerbit LPPM- STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (505.744 KB)

Abstract

Fasilitas pembelajaran di SMA Islam Parlaungan Sidoarjo cukup memadai, hanya saja minat siswa dalam membaca dan menulis karya tulis masih rendah, hal ini disebabkan karena tidak adanya mading dan majalah sekolah. Oleh karena itu pengembangan media pembelajaran berupa mading tiga dimensi dan majalah sekolah sangat diperlukan, karena berperan sebagai wadah untuk menampung kreativitas dalam menulis dan menyalurkan ide-ide kreatif guru dan siswa SMA Islam Parlaungan Sidoarjo dalam menulis karya tulis. Disamping itu majalah sekolah menjadi sarana yang sangat penting bagi institusi bukan hanya sebagai media informasi, akan tetapi sekaligus juga media promosi sekolah. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah metode lesson study. Tahapan dalam metode lesson study ini adalah sebagai berikut: (1) tahap Perencanaan (koordinasi dengan mitra, menyiapkan materi pelatihan, penggandaan materi); (2) tahap pelaksanaan (dalam pembuatan mading tiga dimensi memeriksa kelengkapan alat dan bahan yang diperlukan, pembuatan majalah sekolah dengan pendampingan melalui pelatihan, penugasan, pendampingan, dan rubrikasi); (3) tahap refleksi. Adapun kesimpulan yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini adalah sebagai berikut; (1) terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dengan sesudah dilakukan pelatihan, sebelum dengan sesudah dibuatkan majalah dinding tiga dimensi dan majalah sekolah, hal ini terlihat dari hasil karya tulis yang dipajang menunjukkan bahwa setiap siswa maupun guru dapat menuangkan beragam gagasan, berbagai macam ide, pikiran, daya cipta, bahkan fantasi yang mengiringi perkembangan jiwa siswa melalui berbagai macam ragam tulisan sehingga dapat dibaca oleh seluruh siswa dan guru yang lain; (2) dari hasil dialog interaktif dengan Tim pengabdian masyarakat, mitra memandang positif dengan kegiatan pengabdian ini dan sangat bermanfaat telah banyak memperoleh pengetahuan tentang pembuatan majalah dinding tiga dimensi dan majalah sekolah; (3) selama proses pembuatan majalah sekolah dan majalah dinding, mitra dan tim pengabdian masyarakat saling bekerja sama sehingga target yang ditentukan bisa terlaksana dengan baik. Majalah dinding tiga dimensi dibuat dengan konsep rumah gubuk dan majalah sekolah dengan nama ISPA dengan penerbitan edisi yang pertama.
PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI MICROSOFT PROJECT UNTUK PEMBUATAN JADWAL KEGIATAN KARANG TARUNA rahayu, wanti; Kustian, Nunu; Parulian, Dudi
Abdiku : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Abdiku
Publisher : Penerbit LPPM- STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (487.791 KB)

Abstract

Dunia organisasi adalah salah satu faktor penting dalam perkembangan sebuah negara, semakin banyak pelaku organisasi di sebuah negara ini maka semakin baik pula cara berfikir negara tersebut. Dalam dunia organisasi, diperlukannya suatu strategi untuk bisa terus maju dan berkembang, salah satunya yaitu penggunaan teknologi informasi. Masih rendahnya pemanfaatan teknologi informasi pada karang taruna menyebabkan terkendalanya dalam melaksanakan program-program kerja. Salah satu aplikasi yang dapat membantu pengurus karang taruna dalam melaksanakan program kerja khususnya pembuatan jadwal kegiatan adalah aplikasi microsoft project. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada para pengurus karang taruna RT 01 RW 05 Jatiranggon dan RT 005 RW 010 Lubang Buaya dalam pengelolaan jadwal kegiatan sehingga kerangkapan jadwal dapat terhindari dan jadwal dapat tersimpan dengan rapi dalam database.
PEMANFAATAN APLIKASI MICROSOFT MATHEMATICS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA Dwi Handayani, Shinta; Solihah, Ai; Sirait, Erlando Doni
Abdiku : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Abdiku
Publisher : Penerbit LPPM- STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (497.984 KB)

Abstract

Guru masih belum memanfaatkan media ajar dalam mengembangkan ketrampilan pengajaran, khususnya yang memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Salah satu aplikasi yang dapat membantu guru dalam pengajaran adalah aplikasi Microsoft Mathematics. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu guru dalam perhitungan pada pelajaran matematika dan sains agar lebih cepat dan mudah tanpa meninggalkan konsep dasar yang penting. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan di SMP Nurul Ikhlas dan SMP PGRI 1 Ciputat. Metode pelaksanaan dengan observasi langsung , wawancara dan pelatihan saat kegiatan berlangsung. Hasil dari kegiatan ini diantaranya: 1) kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi Microsoft Mathematics,2) mengembangkan kemampuan guru dalam pembuatan soal-soal hitung, 3) guru dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.
PELATIHAN BAHASA DAN BUDAYA JEPANG BAGI PEMUDA ASAL KABUPATEN BULELENG BALI nurita, wayan; Meidariani, Ni Wayan
Abdiku : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Abdiku
Publisher : Penerbit LPPM- STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.362 KB)

Abstract

Kabupaten Buleleng Provinsi Bali merupakan kabupaten terluas di Bali dengan luas 1.365,88 km2 (24,25 % dari luas Pulau Bali). Angka pengangguran di Buleleng kian meningkat dan hingga tahun 2017 jumlahnya mencapai 6.184 orang. Keadaan di atas sedikit terpecahkan dengan adanya tawaran dari pihak Koperasi Usaha Peternakan Tsukuba 「つくば畜産事業協同組合」yang bergerak dalam bidang pertanian dan peternakan yang berkedudukan di Ibaraki- Jepang untuk memberikan kesempatan kepada para pemuda asli Buleleng bekerja di koperasi tersebut. Kesempatan ini telah dimanfaatkan sejak tahun 2009 yang mana sampai saat ini (Mei 2018) sudah 515 orang pemuda asal Kabupaten Buleleng bekerja sebagai Peserta Praktek Keterampilan Kerja dan pada bulan November 2018 akan diadakan juga tes tulis dan wawancara dalam bahasa Jepang oleh tim dari utusan koperasi tersebut. Salah satu faktor penting untuk bisa mengikuti praktek keterampilan kerja adalah penguasaan bahasa dan budaya Jepang. Berdasarkan analisis situasi tersebut, diajukan program pengabdian Kepada Masyarakat untuk memberikan pelatihan bahasa Jepang kepada para calon Praktek Keterampilan Kerja pemuda asal Kabupaten Buleleng di luar jadwal yang ditetapkan oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Buleleng sambil menunggu waktu tes dari Jepang dengan tujuan untuk menambah kemampuan bahasa dan pemahaman atas budaya Jepang. Pada tahun 2018 ada 56 pemuda asal Kabupaten Buleleng yang mengikuti pelatihan tersebut yang dilaksanakan di SDN 1 Wanagiri Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng seusai siswa SD menggunakan ruangan. Pengabdian kepada masyarakat kali ini dilaksanakan tersruktur, berjenjang, dan efektif sehingga tepat sasaran yang tujuan utamanya adalah para peserta yang mengikuti pelatihan bisa lulus ujian bahasa Jepang baik tes tulis maupun wawancara. Untuk mencapai tujuan tersebut maka kami sebagai tim menyusun pola-pola pendidikan dan pelatihan berupa teori dan praktek. Secara teori diperdalam penghafalan kosa kata, penguasaan huruf Jepang, dan pemahaman bacaan serta pendengaran. Untuk praktek digunakan cara tanya jawab berkenaan dengan kosa kata atau kalimat yang akan ditanyakan saat wawancara oleh perwakilan dari pihak Jepang. Adapun luaran dari pengabdian masyarakat ini adalah para pemuda asal Kabupaten Buleleng ini nantinya bisa menguasai bahasa Jepang tingkat pemula untuk bisa lulus tes oleh lembaga penerima dari pihak Koperasi Usaha Peternakan Tsukuba sebagai pegawai Praktek Keterampilan Kerja. Selain itu para peserta yang dinyatakan lulus dalam tes bahasa Jepang juga mendapatkan sertipikat kelulusan dari Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Buleleng.
SOSIALISASI CUCI TANGAN PAKAI SABUN DI SD ASSUNNAH ASSALAFIYAH SURALAGA yuniarti, ratna
Abdiku : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Abdiku
Publisher : Penerbit LPPM- STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.805 KB)

Abstract

Tujuan PKM ini untuk menciptakan prilaku sehat sejak dini pada anak sekolah dasar. Pada program ini peserta diberikan edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan diri. Menanamkan kebiasan menjaga kebersihan pada anak harus dilakukan secara kontinu. Baik dirumah dan disekolah.Sosialisasi dilakukan dengan metode ceramah dan demonstrasi, dilanjutkan praktek untuk mencuci tangan oleh anak-anak. Mulai dari observasi lapangan, identifikasi masalah, dan pelaksanaan kegiatan sudah berjalan dengan baik dan lancar. Peserta kegiatan adalah siswa kelas 5 dan dilaksanakan di dalam kelas kemudian dilanjutkan dengan praktek di halaman sekolah. Beberapa permasalahan yang ditemukan yaitu banyak anak-anak yang kurang perhatian tentang kebersihan tangan. Di sekolah juga sudah tersedia fasilitas untuk mencuci tangan seperti kran air dan sabun, namun fasilitas tersebut kurang dimanfaatkan oleh anak-anak. Anak-anak malas pergi mencuci tangan. Namun, setelah diberikan materi tentang pentingnya menjaga kebersihan tangan, sedikit demi sedikit kesadaran siswa sudah mulai tumbuh untuk mencuci tangan pakai sabun. Agar siswa lebih antusias mudh mengingat langkah-langkah cuci tangan yang baik dan benar tutor memberikan tutorial cuci tangan dengan metode 1, 2, 3. Pertama basuh, kedua Gosok dengan sabun, dan ketiga bilas dengan air mengalir. Setelah diadakan kegiatan ini, anak-anak mulai displin untuk mencuci tangan sebelum memegang makanan dikantin. Namun, ada beberapa yang masih malas menerapkan. Sehingga diperlukan perhatian dan pengawasan yang kontinu baik dari guru dan orang tua.