Tujuan utama pendidikan Islam adalah untuk meningkatkan kecerdasan manusia dan memperdalam spiritualitas setiap individu. Dengan demikian, pendidikan berperan dalam meningkatkan kualitas hidup seseorang. Salah satu masalah utama yang dihadapi oleh pendidikan adalah kurikulum, yang merupakan inti dari lembaga pendidikan. Kurikulum berfungsi mengatur sistem dan program pendidikan. Oleh karena itu, proses pembelajaran tidak akan mampu meningkatkan kemampuan siswa untuk bersaing dalam era revolusi industri 4.0 jika kurikulum tidak menghadirkan inovasi yang sesuai dengan tantangan tersebut. Menurut penelitian penulis, kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) yang mampu menghadapi tantangan pendidikan di era industri 4.0 adalah kurikulum yang fleksibel dan responsif. Kurikulum ini harus mampu menghasilkan berbagai program yang mendukung kemampuan siswa untuk berpikir kritis, inovatif, berkolaborasi, dan memiliki wawasan global.
Copyrights © 2024