Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran interaktif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa di SMPN 2 Sintoga. Penelitian ini menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran interaktif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa di SMPN 2 Sintoga. Metode CIPP merupakan pendekatan evaluatif yang komprehensif dan sistematis, memungkinkan analisis menyeluruh terhadap berbagai aspek program pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran interaktif di SMPN 2 Sintoga menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa meskipun menghadapi tantangan. Evaluasi konteks menekankan perlunya metode pembelajaran yang lebih interaktif untuk menyesuaikan dengan tuntutan kurikulum. Evaluasi input menyoroti kesiapan materi ajar, teknologi, kompetensi guru, dan dukungan administratif. Proses implementasi menunjukkan pentingnya interaksi dinamis antara guru dan siswa serta keterlibatan siswa yang aktif. Evaluasi produk menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan berpikir kritis, didukung perubahan positif dalam motivasi siswa. Diperlukan pendekatan lebih dipersonalisasi dan integrasi keterampilan berpikir kritis di semua mata pelajaran untuk hasil yang lebih merata.
Copyrights © 2024