JUDIKAT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 4 No 1 (2024): JUDIKAT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

PERANAN E-COMMERCE DAN E-BUSINESS DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM KRIPIK USUS AYAM DI KOTA BATU

Sa’adah, Ummi (Unknown)
Putra, Briyan Cadalora (Unknown)
Apriliasari, Ria Dini (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

Kegiatan bisnis di Indonesia sangat beragam dari jumlah dan jenisnya salah satu bentuk usaha yang paling dominan yaitu industri UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dengan berbagai karektristik, sebagian besar berlomba memanfaatkan perkembangan e-commerce dan e-bussnies untuk mempertahankan dan mengembangkan ke arah industri kreatif digital. Namun skala pemanfaatan perkembangan e-commerce dan e-bussnies belum merata antar individu dan lokasi, karena terkendala faktor sumber daya manusia, pendanaan, dan infrastruktur dan faktor lainnya. Pada era globalisasi seperti ini, teknologi informasi mengalami perkembangan yang sangat kompleks dan pesat dalam beberapa tahun terakhir yang berdampak pada berbagai aspek kehidupan, termasuk pada dunia bisnis. Perkembangan yang terjadi memunculkan istilah yang tidak asing lagi bagi kita, seperti e-business, e-commerce, e-learning, e-university, e-book, e-banking, dan istilah sejenis yang beredar. Metode Pendampingan dilakukan dengan pendekatan individual dan klasikal. Pendekatan klasikal yang dilakukan yaitu pendampingan penggunaan internet dan media social, pembuatan akun e-commerce, upload produk, dan penentuan harga produk sesuai dengan kurir yang telah ditentukan. Adapun langkah-langkah kegiatan yang dilakukan adalah pemberdayaan UMKM dan pendampingan dalam pemanfaatan media internet bidang e-commerce dan e-bussnies. Hasil dan pembahasan dari UMKM dapat mengakses pasar yang lebih besar dan mendapatkan pelanggan baru. Selain itu, penggunaan strategi digital marketing seperti SEO, SEM, media sosial, dan email marketing dapat membantu meningkatkan visibilitas dan penjualan UMKM di platform e-commerce dan e-bussnies. Kata Kunci : UMKM; E-Commerce: E-Business

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JUDIKAT

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat adalah jurnal ilmiah multidisiplin terbitan LPPM Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia, yang mencakup banyak masalah atau isu umum yang berkaitan dengan pengabdian atau layanan masyarakat. Publikasi jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan implementasi ...