Gravitasi: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains
Vol 6 No 02 (2023): GRAVITASI: JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN SAINS

Analisis Keterampilan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, Komunikasi Ilmiah dan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan Fisika

Mustika, Dona (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2023

Abstract

Keterampilan 4C sebagai kompetensi utama yang diperlukan dalam abad 21, maka dibutuhkan perhatian dan pembinaan yang baik dalam pendidikan di perguruan tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk mendapat profil 4C dari mahasiswa prodi pendidikan fisika FKIP UNSAM yang dapat digunakan untuk evaluasi pembelajaran di pendidikan tinggi dalam menyiapkan lulusan dengan kompetensi yang baik sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dikembangkan sesuai dengan indikator masing-masing keterampilan, dan menggunakan instrument yang telah divalidasi pada penelitian terdahulu. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh keterampilan berpikir mahasiswa dalam kategori rendah (54,84%), keterampilan berpikir kreatif dalam kategori kreatif (78,09%), komunikasi ilmiah dalam kategori baik (79,17), dan keterampilan kolaborasi dalam kategori sangat baik (87,13%). Hasil tersebut menunjukkan bahwa dibutuhkan perbaikan yang signifikan pada keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Perbaikan yang dapat dilakukan diantaranya adalah dengan mempersiapkan lembar kerja mahasiswa dan lembar asasmen yang layak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPFS

Publisher

Subject

Education Physics

Description

GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains merupakan jurnal peer-reviewed, yang diterbitkan secara berkala 2 kali setahun pada bulan Juni dan Desember oleh Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Samudra. GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika dan ...