Keterampilan 4C sebagai kompetensi utama yang diperlukan dalam abad 21, maka dibutuhkan perhatian dan pembinaan yang baik dalam pendidikan di perguruan tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk mendapat profil 4C dari mahasiswa prodi pendidikan fisika FKIP UNSAM yang dapat digunakan untuk evaluasi pembelajaran di pendidikan tinggi dalam menyiapkan lulusan dengan kompetensi yang baik sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dikembangkan sesuai dengan indikator masing-masing keterampilan, dan menggunakan instrument yang telah divalidasi pada penelitian terdahulu. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh keterampilan berpikir mahasiswa dalam kategori rendah (54,84%), keterampilan berpikir kreatif dalam kategori kreatif (78,09%), komunikasi ilmiah dalam kategori baik (79,17), dan keterampilan kolaborasi dalam kategori sangat baik (87,13%). Hasil tersebut menunjukkan bahwa dibutuhkan perbaikan yang signifikan pada keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Perbaikan yang dapat dilakukan diantaranya adalah dengan mempersiapkan lembar kerja mahasiswa dan lembar asasmen yang layak.
Copyrights © 2023