Metode yang digunakan guru dalam penyampaian mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 5 Surakarta yaitu dengan cara menjelaskan materi untuk bahan diskusi, kemudian siswa dibentuk kelompok diskusi guna merangsang siswa agar lebih kreatif, mampu memberikan gagasan atau ide serta dapat menyelesaikan masalah-masalah yang terkandung dalam materi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 5 Surakarta pada Tahun Ajaran 2022/2023. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode diskusi dan minat belajar siswa dapat memberikan dampak positif, sehingga siswa mampu bekerja sama dengan tim kelompoknya dengan baik. Faktor kelemahan dan penghambat guru saat melakukan metode diskusi yaitu tentang waktu pada saat jam pembelajaran terbatas. Ketepatan guru dalam memilih metode diskusi menjadi faktor pendukung pengajarannya, menanggapi interaksi positif siswa menjadi lebih aktif dan kreatif adalah langkah yang harus dilakukan guna penggunaan metode diskusi dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. The method used by teachers in delivering Islamic Religious Education subjects at Muhammadiyah 5 Junior High School in Surakarta is by explaining the material for discussion, then students are formed into discussion groups to stimulate students to be more creative, able to provide ideas or ideas and be able to solve the problems contained in the material. This research uses a qualitative method, which was conducted at Muhammadiyah 5 Surakarta Junior High School in the 2022/2023 academic year. Data collection methods in this study were interviews, observation, and documentation. The data analysis technique is by means of data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study indicate that the discussion method and student learning interest can have a positive impact, so that students are able to work well with their group teams. The weaknesses and inhibiting factors for teachers when conducting discussion methods are about time during limited learning hours. The accuracy of the teacher in choosing the discussion method is a supporting factor for his teaching, responding to the positive interaction of students to be more active and creative is a step that must be taken in order to use the method.
Copyrights © 2023