Pendidikan karakter dalam konteks Islam mengintegrasikan pembelajaran agama dengan pengembangan nilai-nilai moral dan etika, sehingga mencakup aspek keseluruhan dari kehidupan individu. Pendekatan Participatory Action Research (PAR) dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan suatu metode penelitian partisipatif yang melibatkan aktifitas kolaboratif antara para peneliti dan masyarakat yang menjadi subjek penelitian. Tujuannya adalah untuk tidak hanya menghasilkan pengetahuan akademik, tetapi juga untuk memberdayakan masyarakat dalam mengatasi masalah dan memenuhi kebutuhan praktis mereka, serta merangsang perubahan sosial yang lebih luas. Pendidikan karakter yang di bagun di SMP Bina Mandiri peserta didik dan anak didik memiliki 3 faktor Pendidikan karakter yang di tanamkan yaitu: di keluarga, di sekolah dan lingkungan. Pertama, Keluarga memberikan nuansa yang mempengaruhi anak sesuai dengan ayat-ayat sebagai berikut: Q.S (4): 9, Q.S. (8): 28, dan Q.S (64): 14. Adapun metode pembentukan karakter dikeluarga yaitu: 1) metode keteladanan, 2) metode pembiasaan 3) metode nasihat, 4) metode perhatian dan 5) metode hukuman, hal ini sesuai dengan ayat al-Qur’an Q.S (66):6, Q.S (16): 78
Copyrights © 2024