Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 4 (2023): November

Implementasi Model Problem Based Learning Bebasis Media Audio Visual dan Dampaknya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn

Oktaviyati, Aulia Hany (Unknown)
Herianto, Edy (Unknown)
Fauzan, Ahmad (Unknown)
Ismail, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model problem-based learning bebasis media audio visual terhadap motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran PPKn kelas VIII di SMPN 1 Batukliang. Populasinya adalah kelas VIII, dan sampel penelitian yakni kelas VIII.3. Adapun intrumen penelitian yang diterapkan adalah angket dan observasi. Pendekatan yang diterapkan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen dan desain one group pretest dan posttes desain. Pengolahan data menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. setelah dilakukan penelitian di peroleh hasil nilai thitung > nilai ttabel (3,768 >2,086) yang artinya terdapat pengaruh penerapan model problem-based learning berbasis media audio visual terhadap motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran PPKn.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...