Pendidikan merupakan amanat yang harus dikenalkan dari generasi kegenerasi berikutnya. Oleh karena itu untuk tercapainya tujuan pendidikan dan pengajaran, peran guru sangat menentukan sehingga guru menjadi salah satu faktor yang paling menentukan berhasilnya proses pembelajaran. Penanaman kebiasaan baik sedini mungkin sangat penting bagi diri peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran, metode, faktor pendukung, dan faktor penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kepribadian siswa MA Mu’allimat NW Anjani. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode penelitian studi kasus, melalui teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dan kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan kepribadian siswa di MA Mu’allimat NW Anjani dengan memberikan contoh yang baik dan menyuruh siswa untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Guru PAI berperan sebagai pengawas, pembimbing, teladan, dan pemberi hukuman dan ganjaran. Metode yang digunakan yaitu metode tanya jawab, diskusi, ceramah, dan keteladanan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024