Penelitian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi oleh mutu pendidikan saat ini yang masih terlihat rendah serta masih tidak sesuai antara pendidik atau pelatih dengan lulusannya. Pendidik atau pelatih seharusnya memiliki suatu kompetensi yang sudah tertuang sebagaimana mestinya dalam Permendiknas No.41 tahun 2009. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kreativitas kerja terhadap kinerja instruktur pada BBPVP Serang. Pendekatan pada penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode analisis deskriptif untuk mengetahui skor perindikator dan rata-rata pada setiap variabel. Populasi pada penelitian ini terdapat 77 Instruktur dan sampel dihitung menggunakan rumus slovin sehingga mendapatkan hasil sebesar 65 instruktur yang peneliti ambil untuk diuji sampelnya. Seorang pelatih harus memiliki kreativitas yang tinggi agar dapat menciptakan suasana pembelajaran yang baik sehingga peserta pelatihan tidak jenuh, dapat memecahkan suatu masalah dengan tepat, memiliki disiplin waktu yang baik dan dapat berkolabolasi dengan para instruktur serta tim lain. Jika hal tersebut sudah terpenuhi maka dapat dikatakan kinerja instruktur pun dapat dikatakan baik dan memiliki kualitas yang sangat sesuai. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan pada kreativitas kerja terhadap kinerja instruktur dan dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kreativitas kerja maka semakin tinggi pula kinerja instruktur dalam suatu balai pelatihan maupun di tempat apapun.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024