Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 2 (2024): Mei

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V MIN 2 Kota Mataram Tahun Pelajaran 2023/2024

Zainudin, Zainudin (Unknown)
Ruqoiyyah, Siti (Unknown)
Sucilestari, Ramdhani (Unknown)
Hidayati, Djuita (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 May 2024

Abstract

Berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa untuk dapat memecahkan permasalahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari dan yang memiliki peran penting untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah pelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V MIN 2 Kota Mataram tahun ajaran 2023/2024. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan bentuk Nonequivalent Control design. Metode pengumpulan data  dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan observasi, instrumen pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan pedoman observasi. Teknik analisis data  menggunakan uji-t test polled varians yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas data dengan menggunakan rumus Chi-Kuadrat  dan uji homogenitas data dengan menggunakan rumus uji-F. Hasil penelitian ini menunjukkan  bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini ditunjukkan berdasarkan nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen sebesar 76,97 dan kelas kontrol sebesar 66,84. Sedangkan hasil perhitungan dengan uji-t test polled varians diperoleh  sebesar  6,164 dan dibandingkan dengan nilai  sebesar 2,026 dengan taraf signifikansi 5%. Dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa nilai  (6,164 > 2,026), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V MIN 2 Kota Mataram tahun ajaran 2023/2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...