Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil pembelajaran siswa dalam pembelajaran sosiologi dengan penerapan model Problem Based Learning berbantuan Short Movie. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus yang masing-masing terdiri dari 3 kali pertemuan. Setiap siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian meliputi observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Hasil penelitian memaparkan bahwa partisipasi dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui penerapan model Problem Based Learning berbantuan Short Movie. Pada tingkat pelaksanaan pembelajaran sebesar 83% pada siklus I dan 100% pada siklus II. Kemudian tingkat partisipasi belajar siswa sebesar 60% pada siklus I dan 85% pada siklus II. Selanjutnya tingkat hasil belajar siswa sebesar 87% pada siklus I dan 93% pada siklus II. Berdasarkan penelitian ini, maka dapat dinyatakan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan Short Movie dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas XI SOSHUM 2 di SMAN 2 Mataram dalam pembelajaran sosiologi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024