Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 2 (2024): Mei

Penerapan LKPD IPA Berbasis Sains Teknologi Masyarakat (STM) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Rusmiyati, Baiq (Unknown)
Artayasa, I Putu (Unknown)
Raksun, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2024

Abstract

Keterampilan berpikir kritis sangat dibutuhkan di abad ke-21. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penerapan LKPD materi IPA berbasis STM terhadap keterampilan berpikir kritis pada siswa. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design dan teknik pengambilan sampel yaitu dengan metode purposive sampling. Variabel bebas penelitian yaitu penerapan LKPD berbasis sains STM, sedangkan variabel terikat yaitu keterampilan berpikir kritis siswa. Data keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh dari hasil tes. Instrumen tes disusun berdasarkan indikator keterampilan berpikir kritis. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji ANACOVA. Hasil penelitian didapatkan nilai sig. (p) = 0,018 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan LKPD IPA berbasis STM berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...