Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 2 (2024): Mei

Pengaruh Media Tangram Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN Suko 2 Sidoarjo

Tsalitsah, Nurus (Unknown)
Baalwi, Muhammad Assegaf (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2024

Abstract

Penerapan media tangram dalam pembelajaran matematika sangat penting untuk membantu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh media tangram terhadap kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran matematika kelas V SDN Suko 2 Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain One Shot Case Study. Data dikumpulkan melalui tes dan dianalisis dengan uji validitas, reliabilitas, normalitas, uji hipotesis, dan uji kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian ini yakni, hanya terdapat 17 siswa atau sekitar 54,8% dari siswa yang mencapai KKM, sehingga pembelajaran belum dapat dikatakan berhasil. Hasil uji run menunjukkan nilai Asymp. Sig.(2-tailed) 0,494 > 0,05 yang menyatakan bahwa H0 diterima atau Ha ditolak. Oleh karenanya bisa disimpulkan tidak ada pengaruh media tangram terhadap kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran Matematika kelas V di SDN Suko 2 Sidoarjo.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...