Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 2 (2024): Mei

Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Sosiologi

Dewi, Oktaviani (Unknown)
Sukardi, Sukardi (Unknown)
Nursaptini, Nursaptini (Unknown)
Wahidah, Ananda (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 May 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian supaya mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model kooperatif tipe jigsaw berbentuan media realia terhadap hasil belajar sosiologi. Pendekatan pada penelitian ini ialah kuantitatif dengan jenis quasi eksperiment dan pretest-posttest non equivalent control group. Seluruh siswa kelas X pada penelitian ini dijadikan sebagai populasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik random sampling setelah dilakukannya penyepadanan. Data dikumpulkan melalui tes berupa pilihan ganda yang telah diverifikasi untuk memastikan validitasnya. Data dianalisis secara kuantitatif menggunakan SPSS 25 for Windows dengan analisis deskriptif dan parametrik. Penelitian ini menemukan adanya pengaruh penerapan model kooperatif tipe jigsaw berbantuan media realia terhadap hasil belajar sosiologi di SMAN 1 Gunungsari dengan taraf sig 0,00 < 5% (0,05). Hal tersebut dapat membuktikan bahwa model ini memiliki pengaruh signifikan untuk hasil belajar sosiologi. Selain itu, dari hasil pengujian membuktikan bahwa nilai eksperimen lebih unggul dari nilai kontrol. Meningkatnya hasil belajar dapat dikaitkan dengan inovasi dalam penerapan media realia yang masih kurang umum dilakukan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...