Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 2 (2024): Mei

Penerapan Model Inquiry Learning Berbantuan Media E-Learning sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI IPS 1 SMA N 1 Suralaga

Hadi, Lalu Nanda Rahman (Unknown)
Suryanti, Ni Made Novi (Unknown)
Malik, Imam (Unknown)
Masyhuri, Masyhuri (Unknown)
Yasid, Yasid (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2024

Abstract

Penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas terdiri dari 2 siklus, setiap siklus memiliki 2 pertemuan yang dilakukan di kelas dan memiliki empat langkah pada penelitian yang berlangsung yakni terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan analisis dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS 1 jumlah siswa terdiri dari dua puluh dua orang siswa, bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI IPS 1. Penelitian ini mengumpulkan data dengan menggunakan observasi, refleksi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan pada siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 Suralaga, dapat disimpulkan penerapan model inquiry learning berbantuan media e-learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi. Peningkatan tersebut dapat ditunjukan sebagai berikut: 1) pada siklus pertama pelaksanaan pembelajaran sebesar 80%. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus ke dua mencapai 100%, 2) data hasil belajar siswa pada siklus pertama menunjukan ketuntasan 72%, selanjutnya mengalami peningkatan disiklus ke dua dengan ketuntasan mencapai 90,9%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...