Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 3 (2024): Agustus

Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Everyone Is Teacher Here Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 2 Pada Mata Pelajaran Sosiologi SMAN 1 Narmada

Sasnika, Epa (Unknown)
Masyhuri, Masyhuri (Unknown)
Nursaptini, Nursaptini (Unknown)
Suryanti, Ni Made Novi (Unknown)
Supraini, Deny (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2024

Abstract

Cooperative learning tipe everyone is teacher here merupakan salah satu model pembelajaran yang dianjurkan untuk mendapatkan keaktifan kelas secara keseluruhan dan secara individual. Ketika keaktifan belajar siswa meningkat itu akan mempengaruhi pemahaman tentang materi yang disampaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. penelitian ini menggunakan dua siklus penelitian tindakan kelas, dengan tiga sesi disetiap siklusnya. Subjek penelitian adalah 36 siswa dari kelas XI IPS 2 SMAN 1 Narmada. Penelitian ini menggunakan tahapan penyajian data, reduksi data, dan kesimpulan untuk meneliti data yang terkumpul. Instrument penelitian menggunakan Observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Keaktifan siswa dinyatakan meningkat manakala 80% keaktifan siswa dalam ketegori baik sedangkan hasil belajar siswa dinyatakan meningkat manakala 75% hasil belajar siswa mencapai nilai 75 sesuai KKM. Temuan menunjukkan bahwa, keaktifan siswa dari 63,8% pada siklus pertama, naik menjadi 86% pada siklus kedua, keaktifan siswa meningkat sebesar 22,2%. Mengenai hasil belajar, data siklus pertama menunjukkan bahwa 58% siswa tuntas, pada siklus kedua menunjukkan peningkatan sebesar 25,3% menjadi 83,3%, siswa tuntas. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran Cooperatif Learning tipe everyone is teacher ini menunjukkan bahwa model pembelajaran ini dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa Kelas XI IPS 2 pada mata pelajaran Sosiologi SMAN 1 Narmada.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...