Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 3 (2024): Agustus

Identifikasi Tingkat Kemandirian Belajar Siswa dan Korelasinya dengan Hasil Belajar di Masa Covid 19

Loka, I Nyoman (Unknown)
Sofia, Baiq Fara Dwirani (Unknown)
Husnawati, Husnawati (Unknown)
Anwar, Yunita Arian Sani (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2024

Abstract

Diberlakukannya proses pembelajaran secara daring akibat adanya pandemi covid-19 menyebabkan siswa harus beradaptasi dengan kebiasaan belajar yang baru. Kemampuan beradaptasi ini sangatlah bergantung pada tingkat kemandirian belajar siswa. Kemandirian sangat diperlukan pada pembelajaran kimia karena memerlukan cara pembelajaran terpadu sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar, hasil belajar kimia dan korelasi antara kemandirian belajar dengan hasil belajar kimia di masa Covid-19 pada siswa kelas XI MIPA SMAN 6 Mataram Tahun 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI MIPA SMAN 6 Mataram Tahun 2020/2021 yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 126 siswa. Sampel yang digunakan berjumlah 56 siswa yang ditentukan dengan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel yaitu proporsional random sampling. Data berupa tingkat kemandirian belajar dikumpulkan dengan teknik angket yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya, sedangkan data hasil belajar dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dari nilai hasil belajar ulangan kimia. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan statistik non-parametrik dengan menggunakan uji koefisien korelasi kontingensi. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kemandirian belajar dan hasil belajar kimia berada pada kategori cukup. Hasil penelitian juga menunjukkan koefisien korelasi kontingensi (C) yaitu sebesar 0,612 dan dibandingkan dengan rtabel sebesar 0,266 yang menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan anatara kemandirian belajar dengan hasil belajar kimia di masa Covid-19 pada siswa kelas XI MIPA SMAN 6 Mataram Tahun 2020/2021.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...