Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 3 (2024): Agustus

Penerapan E-Modul Puff Pastry untuk Meningkatkat Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 8 Surabaya

Santoso, Kirania Rosa Putri (Unknown)
Miranti, Mauren Gita (Unknown)
Romadhoni, Ita Fatkhur (Unknown)
Pangesthi, Lucia Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

Dalam proses belajar mengajar di kelas perlu adanya perangkat pembelajaran terutama media pembelajaran. Dalam penelitian ini akan diterapkan media pembelajaran yaitu e-modul. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana modul tersebut mempengaruhi hasil belajar mereka, (2) mengetahui respon siswa SMK Negeri 8 Surabaya tentang penggunaan e-modul untuk mempelajari puff pastry. Metode penelitian ini adalah desain pra-ekperimental dengan rancangan penelitian one shot case study. Instrument yang digunakan perangkat pembelajaran, lembar penilaian hasil belajar, dan angket respon siswa. Adapun teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar ranah kognitif siswa menunjukkan peningkatan dengan nilai sig <a=0,05 dan nilai Gain sebesar 68,89% yang membuktikan bahwa penerapan e-modul puff pastry ini cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif: 2) penilaian dari respon siswa terhadap penerapan bahan ajar digital berupa e-modul puff pastry mendapat hasil dengan interpretasi “sangat baik” dengan skor 84%, sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...