Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui keterampilan manajerial madrasah madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI Fatahillah NW Teratak (2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI Fatahillah NW Teratak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yakni pendekatan yang bersifat deskriptif, dalam bentuk data-data berupa keterangan subyek, uraian kata-kata atau kalimat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan manajerial kepala madrasah, peran manajerial kepala madrasah, Faktor penghambat dan pendukung manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI Fatahillah NW Teratak. Hasil penelitian ini menunjukkan keterampilan manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru MI Fatahillah NW Teratak meliputi penyusunan rencana kegiatan, memimpin guru dan staf, pengelolaan sarana dan prasarana dengan baik, penciptakan budaya dan iklim kerja yang kondusif dengan faktor pendukung yaitu dengan adanya guru, lingkungan yang kondusif, sarana prasarana yang memadai, dan dukungan warga madrasah. Sedangkan penghambatnya adalah terbatasnya media pembelajaran, sebagian guru belum menguasai teknologi pendidikan, dan metode pembelajaran yang digunakan belum tepat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024