Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 3 (2024): Agustus

Kedudukan Kurikulum dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Halimatuzzahrah, Halimatuzzahrah (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2024

Abstract

Kurikulum sebagai pedoman atau dalam melakukan proses pembelajaran pada satuan pendidikan agar mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hakikat atau kedudukan kurikulum dalam pendidikan agama Islam, dengan cara mengetahui fungsi dan peran serta tujuan kurikulum dalam pendidikan islam. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kepustakaan (library research). Berdasarkan analisis dari sumber data, maka dapat disimpulkan bahwa kedudukan kurikulum dalam pendidikan agama Islam merupakan aspek terpenting dapat pendidian untuk mencapai tujuan pembelajaran dan tujuan pendidikan nasional. Kedudukan kurikulum dalam Pendidikan Agama Islam memiliki peranan yang sangat penting untuk membentuk kepribadian seseorang. Dalam satuan pendidikan, pendidikan harus memahami kurikulum agar dapat merencanakan tujuan, metode, bahan dan meida dan juga teknik penilaian pembelajaran yang sesuai.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...