Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol. 4 No. 01 (2024): Artikel Riset Edisi April 2024

Pengaruh Manajemen Pembelajaran dan Layanan Pendidikan terhadap Peningkatan Mutu Lulusan

Yuliyanti, Yuliyanti (Unknown)
Supardi, Supardi (Unknown)
Muin, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan tingkat ketercapaian manajemen pembelajaran 2) mendeskripsikan tingkat ketercapaian layanan pendidikan 3) mendeskripsikan tingkat mutu lulusan 4) mendeskripsikan tingkat ketercapaian manajemen pembelajaran terhadap peningkatan mutu lulusan 5) mendeskripsikan tingkat ketercapaian layanan pendidikan terhadap peningkatan mutu lulusan 6) mendeskripsikan tingkat ketercapaian pengaruh manajemen pembelajaran terhadap peningkatan mutu lulusan. Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Lebak dan SMAN 1 Panggaranagn. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan regresi dan korelasi. Hasil penelitian ini mendapati : Satu, tingkat ketercapaian manajemen pembelajaran secara keselurahan mencapai 93% kategori sangat tinggi, Kedua, tingkat ketercapaian layanan pendidikan secara keseluruhan mencapai 88,20%  termasuk kategori sangat tinggi, Ketiga, tingkat ketercapaian mutu lulusan secara keseluruhan mencapai 89,20 % kategori sangat tinggi, Keempat, Pengaruh anatara manajemen pembelajaran guru dengan mutu lulusan adalah signifikan dan Pengaruh termasuk kategori tinggi. Nilai koefisien determinasi menunjukkan pengaruh manajemen pembelajaran guru terhadap mutu lulusan sebasar 58,6 persen. Sisanya sebesar 41,4 persen mutu lulusan dipengruhi oleh variabel-variabel lainnya, Kelima, Pengaruh anatara layanan pendidikan dengan mutu lulusan adalah signifikan dan pengaruh termasuk kategori tinggi. Nilai koefisien determinasi menunjukkan pengaruh layanan pendidikan terhadap mutu lulusan sebasar 68,9 persen. Sisanya sebesar 41,1 persen mutu lulusan dipengruhi oleh variabel-variabel lainnya, Keenam, pengaruh anatara manajemen pembelajaran guru dan layanan Pendidikan dengan mutu lulusan adalah signifikan dan pengaruh termasuk kategori tinggi. Nilai koefisien determinasi menunjukkan pengaruh manajemen pembelajaran guru dan layanan Pendidikan secara Bersama-sama terhadap mutu lulusan sebasar 73,6 persedn. Sisanya sebesar 22,4 persen mutu lulusan dipengruhi oleh variabel-variabel lainnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

educendikia

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan multi-disiplin ilmu, baik pembelajaran dalam jaringan juga luar jaringan, merdeka belajar, pengembangan metode belajar pembelajaran terkini yang merujuk pada semua tingkat usia dan yang berkaitan dengan ...