Model Discovery Leraning merupakan proses pembelajaran yang dilakukan secara mandiri oleh siswa agar mencapai suatu pemahaman konsep sehingga mendapatkan pembelajaran bermakna bagi kehidupannya. Pada kenyataannya masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran IPA di sekolah. Dikarenakan materi yang harus mereka kaji menganai fenomena, teori, ataupun konsep selalu berkaitan dengan alam dan terlalu kompleks untuk dipelajari tanpa menggunakan model ataupun media pembelajaran.Salah satu alasan utama kurang efektifnya proses pembelajaran adalah ketidak cocokan model pembelajaran dengan minat dan karakteristik siswa di era globalisasi ini. Sebagai alternatif solusi, model pembelajaran discovery learning dengan bantuan buku cerita bergambar dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Model ini membantu siswa membangun pemahaman konsep dengan mengaitkan pembelajaran dengan lingkungan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh model discovery learning yang menggunakan buku cerita bergambar terhadap pemahaman konsep siswa pada materi energi. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non-equivalent control group, dengan sampel penelitian terdiri dari kelas IV-A SD Negeri Paripurna sebagai kelompok eksperimen dan IV-B SD Negeri Paripurna sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian digunakan untuk mengukur pengaruh model discovery learning berbantuan buku cerita bergambar terhadap pemahaman konsep siswa.
Copyrights © 2024