Edu Research : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 5 No 2 (2024): EDU RESEARCH

PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBING MATERI HUKUM NEWTON

Zahra, Zahra (Unknown)
Syarifah Rita Zahara (Unknown)
Halimatus Sakdiah (Unknown)
Deassy Siska (Unknown)
Tulus Setiawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan: 1) untuk mengetahui kelayakan LKPD fisika berbasis Inkuiri Terbimbing pada materi Hukum Newton; 2) untuk mengetahui meningkatnya hasil belajar peserta didik setelah menggunakan LKPD berbasis Inkuiri Terbimbing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R & D) dengan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1 yang berjumlah 27 orang, yang berlokasi disalah satu sekolah yang ada di Aceh Utara. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis masing-masing data adalah nilai kualitatif dan kuantitatif dari hasil validasi LKPD dan respons peserta didik. Hasil penelitian yang didapat adalah: 1) persentase kelayakan pengembangan LKPD yang didapat dari validator ahli materi sebesar 84,59% dengan kriteria sangat layak, dan persentase yang didapat dari validator ahli media sebesar 83,33% dengan kriteria sangat layak, serta persentase yang didapat dari validator ahli guru sebesar 91,17% dengan kriteria sangat layak; 2) hasil respons siswa pada uji coba pemakaian didapatkan persentase sebesar 83,75% dengan kriteria sangat menarik; 3) LKPD fisika berbasis Inkuiri Terbimbing dinyatakan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan nilai N-Gain sebesar 0.64 dengan kriteria “sedang”. Maka dapat disimpulan LKPD fisika berbasis Inkuiri terbimbing dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

EDU RESEARCH : Jurnal Penelitian Pendidikan merupakan jurnal yang diterbitkan oleh IICLS (Indonesian Institute for Corporate Learning and Studies), dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta sharing perkembangan ilmu pengetahuan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah dipublikasikan ...