Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan: 1) untuk mengetahui kelayakan LKPD fisika berbasis Inkuiri Terbimbing pada materi Hukum Newton; 2) untuk mengetahui meningkatnya hasil belajar peserta didik setelah menggunakan LKPD berbasis Inkuiri Terbimbing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R & D) dengan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1 yang berjumlah 27 orang, yang berlokasi disalah satu sekolah yang ada di Aceh Utara. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis masing-masing data adalah nilai kualitatif dan kuantitatif dari hasil validasi LKPD dan respons peserta didik. Hasil penelitian yang didapat adalah: 1) persentase kelayakan pengembangan LKPD yang didapat dari validator ahli materi sebesar 84,59% dengan kriteria sangat layak, dan persentase yang didapat dari validator ahli media sebesar 83,33% dengan kriteria sangat layak, serta persentase yang didapat dari validator ahli guru sebesar 91,17% dengan kriteria sangat layak; 2) hasil respons siswa pada uji coba pemakaian didapatkan persentase sebesar 83,75% dengan kriteria sangat menarik; 3) LKPD fisika berbasis Inkuiri Terbimbing dinyatakan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan nilai N-Gain sebesar 0.64 dengan kriteria “sedang”. Maka dapat disimpulan LKPD fisika berbasis Inkuiri terbimbing dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024