Journal of Scientech Research and Development
Vol 6 No 1 (2024): JSRD, June 2024

PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SUNGAI LIMAU

Maulida, Lona (Unknown)
Hadeli (Unknown)
Zalnur, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2024

Abstract

Guru mempunyai pengaruh yang besar terhadap pencapaian hasil belajar siswa, salah satunya berkaitan dengan upaya menumbuhkan motivasi belajar siswa. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa diperlukan guru yang memiliki kompetensi yaitu kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan profesional guru terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Sungai Limau. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri 2 Sungai Limau tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 442 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proporsional stratified random sampling yang berjumlah 210 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen dalam penelitian ini mempunyai pengaruh terhadap variabel dependen. Terdapat pengaruh kompetensi pedagogik terhadap motivasi dengan kontribusi sebesar 32%. Terdapat pengaruh kompetensi profesional terhadap motivasi dengan kontribusi sebesar 43,10%. Terdapat pengaruh antara kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama terhadap motivasi belajar dengan kontribusi sebesar 46,40%. Jika nilai kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru meningkat, maka motivasi belajar siswa juga akan meningkat. Guru disarankan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guna meningkatkan motivasi belajar yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JSCR

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

Journal of Scientech Research and Development (JSRD) is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of social research and development. Investigated the dynamics of teaching and learning of Scientech education, scientech research, and development problems in the scientech at the ...