Journal of Scientech Research and Development
Vol 6 No 1 (2024): JSRD, June 2024

ANALISIS RENCANA ZONA SELAMAT SEKOLAH (ZOSS) DI JALAN PROF. M YAMIN

Nazili, Nazili (Unknown)
Karisa Gitta (Unknown)
Melda Fajra (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

SMAN 1 Pariaman dan SDN 13 Lohong yang berlokasi di Jalan Prof. M. Yamin, yaitu jalan dengan status jalan kota dan berfungsi sebagai jalan kolektor. Berdasarkan data kecelakaan 5 Tahun Terakhir yang didapat dari Polres Kota Pariaman jumlah kecelakaan dengan melibatkan pelajar terdapat 230 kejadian. Pada ruas Jalan Prof. M Yamin Kota Pariaman terjadi 7 Kecelakaan lalu lintas dengan jumlah korban 1 MD dan 6 LR. Kurang nya fasilitas perlengkapan jalan seperti fasilitas pejalan kaki yang memadai, tempat pemberhentian angkutan umum dan rambu –rambu yang mendukung keselamatan siswa di area tersebut, dengan ada Zona Selamat Sekolah di harapkan sekolah tersebut dapat mencegah terjadinya kecelakaan di area tersebut. Sebagai metode penelitian, kebutuhan ruang pejalan kaki ditentukan dengan survey jumlah kendaraan, kecepatan kendaaran, jarak pandang henti, jumlah dan pergerakan pejalan kaki. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa kondisinya belum selamat sehingga harus dilaksanakan suatu program di lingkungan sekolah SMAN 1 Pariama dan SDN 13 Lohong yaitu Zona Selamat Sekolah (ZoSS). Oleh karena itu rancangan Zona Aman Selamat Sekolah yang dibuat adalah tipe jalan 2 lajur tidak terbagi, rencana batas kecepatan >40 km/jam, ≤ 60 km/jam, batas kecepatan Zona Aman Sekolah 25 km/jam, Zona Aman Sekolah tipe 2UD-25 , Panjang Zona Selamat Sekolah 150 meter, persyaratan minimum (marka ZoSS, Zebra Cross, rambu lalu lintas, marka jalan zigzag kuning dan pemandu penyeberangan), serta tambahannya adalah APILL berkedip.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JSCR

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

Journal of Scientech Research and Development (JSRD) is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of social research and development. Investigated the dynamics of teaching and learning of Scientech education, scientech research, and development problems in the scientech at the ...