Karimah Tauhid
Vol. 3 No. 2 (2024): Karimah Tauhid

Teori Perkembangan Belajar Psikologis Kognitif Jean Piaget: Implementasi dalam Pembelajaran Matematika di Bangku Sekolah Dasar

Syafawani, Ummi Rasyida (Unknown)
Safari, Yusuf (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2024

Abstract

Menurut Jean Piaget, kecerdasan anak berubah seiring dengan pertumbuhannya. Perkembangan kognitif tidak hanya sekedar memperoleh pengetahuan, anak juga harus mampu tumbuh dan berkembang secara mental. Jean Piaget juga percaya bahwa anak mengalami perkembangan melalui empat fase, yakni sensorimotor, praoperasional, operasional konkret, dan operasional formal. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran guru harus memperhatikan pekembangan siswanya, karena itulah tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu agar dapat memahami lebih dalam mengenai “Teori perkembangan belajar psikologis kognitif Jean Piaget: implementasi dalam pembelajaran matematika di bangku sekolah dasar”. Dalam melaksanakan kegiatan penelitian ini, peneliti menggunakan metode kajian literatur, yaitu mengumpulkan informasi-informasi yang relevan terkait topik yang dibahas dari berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menerapkan Teori Jean Piaget, guru berperan sebagai fasilitator, dan kegiatan pembelajaran difokuskan pada siswa. Dalam melaksanakan pembelajaran matematika harus memperhatikan tahapan usia siswa agar dapat menentukan kegiatan pembelajaran yang efektif yang dapat diterapkan dikelas, karena setiap fase perkembangan siswa berbeda-beda.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...