Karimah Tauhid
Vol. 3 No. 3 (2024): Karimah Tauhid

Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Media Digital dalam Inovasi Pembelajaran

Wansit, Aulya Putri (Unknown)
Anisa, Farah (Unknown)
Agustin, Paulina (Unknown)
Sabrina, Sefhia Naila (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2024

Abstract

Kurikulum merupakan jantungnya pendidikan, bisa diungkapkan bahwa kurikulum mempunyai peran yang begitu penting dalam dunia pendidikan untuk mengatur terciptanya tujuan pembelajaran yang efektif. Menerapkan Inovasi pembelajaran adalah salah satu bagian kurikulum merdeka dan pembaharuan untuk penyampaian materi kepada siswa yang bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan siswa agar pembelajaran efektif. Meningkatkan pembelajaran yang efektif memerlukan media yang kreatif dan menyenangkan untuk siswa pelajari, dengan pembelajaran mengikuti zaman dan menggunakan teknologi saat ini. Oleh karena itu, guru harus melaksanakan proses pembelajaran, guru dapat menggunakan strategi atau media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran adalah dengan menggunakan media sosial. Banyak aplikasi untuk melakukan pembelajaran agar mempermudah kegiatan belajar mengajar, yaitu whatsapp group, youtube, google from, dan quizizz, aplikasi ini memfasilitasi pembelajaran menawarkan filtur pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan kurikulum merdeka terhadap media social dalam inovasi pendidikan di SDN Tajur 1 Kota Bogor. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Peneliti melakukan wawancara untuk mengekplorasi penggunaan kurikulum independent dalam inovasi pendidikan di platfrom media sosial.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...