Karimah Tauhid
Vol. 3 No. 4 (2024): Karimah Tauhid

Hambatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Aplikasi Quizizz

Fajriati, Adinda Salwa (Unknown)
Humaira, Megan Asri (Unknown)
Efendi, Irwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2024

Abstract

Kemampuan berpikir kritis perlu dimiliki karena dapat digunakan dalam menyelesaikan suatu masalah dan dapat mempertimbangkan segala seseuatu dalam mengambil keputusan yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan aplikasi Quizizz di kelas V  SDN Pandansari 02. Jenis penelitian ini adalah kualtatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode tematik. Untuk menguji keabsahan data menggunakan member check. Hasil penelitian menujukkan terdapat beberapa hambatan yang terjadi diantaranya : (1) Hambatan yang terjadi pada peserta didik, meliputi perilaku dan kemampuan, (2) Hambatan yang terjadi pada peran orang tua, meliputi pendampingan dan broken home, (3) Hambatan yang terjadi pada penggunaan teknologi, dan (4) Hambatan yang terjadi pada sarana dan prasarana.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...