Karimah Tauhid
Vol. 3 No. 8 (2024): Karimah Tauhid

Penggunaan Metode Pembelajaran Prompts bagi Siswa Tunarungu di Sekolah Dasar Inklusif (Sekolah Dasar Islam Plus Daarul Jannah)

Aziizah, Ghinna Nur (Unknown)
Rasmitadila (Unknown)
Yektyastuti, Resti (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2024

Abstract

Metode pembelajaran prompts adalah pendekatan dalam konteks pendidikan di mana pengajar memberikan serangkaian instruksi atau "prompts" kepada siswa untuk memandu proses belajar-mengajar. Pendekatan ini bertujuan untuk merangsang pemikiran kritis, memperjelas konsep, atau mengarahkan perhatian siswa ke aspek-aspek tertentu dari materi pembelajaran. Metode pembelajaran prompts merupakan yang diberikan pada siswa berkebutuhan khusus yang bisa menghasilkan respon yang tepat. Prompts memberikan bantuan berupa informasi tambahan kepada siswa tunarungu agar bisa menjalankan instruksi dengan baik. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Islam Plus Daarul Jannah. Metode penelitian ini menggunakan post positivism jenis Simple Research Design (SRD). Dilakukan pengumpulan data menggunakan teknik observasi , wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Guru Kelas Iklusi dan juga Guru Pendamping (shadow). Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data tematik dan uji keabsahan data dengan member check. Diharapkan penelitian ini bisa bermanfaat bagi pembaca, Guru kelas maupun Guru Pendamping (shadow) dalam penggunaan metode prompts bagi siswa tunarungu kedepannya agar penggunaan metode pembelajaran prompts bagi siswa tunarungu bisa meningkatkan respon saat pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...