Peneliti menulis artikel ini dengan tujuan menganalisa dan memahami pelaksanaan kegiatanbelajar mengajar literasi dan numerasi di sekolah, dengan menyoroti berbagai faktor yangmempengaruhi efektivitasnya, penelitian ini menggunakan metode studi literatur yangmengkaji berbagai sumber akademik, laporan penelitian, dan dokumen kebijakan terkaitlitnum kurikulum merdeka. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilanpembelajaran yang dipengaruhi oleh kurikulum yang baik, metode pengajaran yanginteraktif dan menyenangkan, kompetensi guru, ketersediaan sumber daya pendidikan, sertadukungan dari orang tua dan lingkungan keluarga. Kurikulum yang disusun dengan baikmemberikan kerangka kerja yang jelas bagi guru di sekolah, sementara metode pengajaranyang inovatif meningkatkan minat dan motivasi siswa. Kompetensi guru yangmemadai dan pelatihan professional berkelanjutan sangat penting dalam pengimplementasipembelajaran yang efektif. Selain itu, ketersediaan buku teks, alat peraga, dan teknologiinformasi mendukung pemahaman siswa terhadap konsep literasi dan numerasi. Dukungankeluarga dan lingkungan sekitar yang supportif juga memainkan peran krusial dalammeningkatkan kemampuan berdedikasi siswa. Dengan pendekatan yang holistik dankolaboratif, kualitas pembelajaran di sekolah dasar dapat ditingkatkan, memberikan dasaryang kuat bagi perkembangan akademik siswa di masa depan.
Copyrights © 2024