Karimah Tauhid
Vol. 3 No. 8 (2024): Karimah Tauhid

Analisis Pengaplikasian Literasi dan Numerasi di Sekolah

Titi saryiti, Fikriawan (Unknown)
Ananda Darmawan, Reffi (Unknown)
Aditya Rizaldi, Mohamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2024

Abstract

Peneliti menulis artikel ini dengan tujuan menganalisa dan memahami pelaksanaan kegiatanbelajar mengajar literasi dan numerasi di sekolah, dengan menyoroti berbagai faktor yangmempengaruhi efektivitasnya, penelitian ini menggunakan metode studi literatur yangmengkaji berbagai sumber akademik, laporan penelitian, dan dokumen kebijakan terkaitlitnum kurikulum merdeka. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilanpembelajaran yang dipengaruhi oleh kurikulum yang baik, metode pengajaran yanginteraktif dan menyenangkan, kompetensi guru, ketersediaan sumber daya pendidikan, sertadukungan dari orang tua dan lingkungan keluarga. Kurikulum yang disusun dengan baikmemberikan kerangka kerja yang jelas bagi guru di sekolah, sementara metode pengajaranyang inovatif meningkatkan minat dan motivasi siswa. Kompetensi guru yangmemadai dan pelatihan professional berkelanjutan sangat penting dalam pengimplementasipembelajaran yang efektif. Selain itu, ketersediaan buku teks, alat peraga, dan teknologiinformasi mendukung pemahaman siswa terhadap konsep literasi dan numerasi. Dukungankeluarga dan lingkungan sekitar yang supportif juga memainkan peran krusial dalammeningkatkan kemampuan berdedikasi siswa. Dengan pendekatan yang holistik dankolaboratif, kualitas pembelajaran di sekolah dasar dapat ditingkatkan, memberikan dasaryang kuat bagi perkembangan akademik siswa di masa depan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...