Fokus penelitian ini adalah bagaimana profesional menggunakan keterampilan guru di sekolah dasar. Sehingga penelitian ini bisa memberikan gambaran utuh tentang cara menggunakan kompetensi profesional guru SD dan tingkat kualitas pembelajaran. Metode penelitian pada studi ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif dengan desain sederhana. Dan pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara semi terstruktur dilakukan kepada 8 Guru kelas sekolah dasar di wilayah Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor. Wawancara ini di lakukan selama 3 hari yaitu pada tanggal 19 – 21 Mei 2024 . Adapun tema yang dibahas dalam penelitian yaitu dampak kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa, hubungan antara kompetensi guru profesional dan keinginan siswa untuk belajar, kendala dan hambatan dalam meningkatkan kompetensi kerja guru, aspek dari kompetensi profesional guru yang harus di perbaiki atau di tingkatkan, kelebihan dari memiliki kompetensi profesional yang tinggi dalam mengajar disekolah.
Copyrights © 2024