Karimah Tauhid
Vol. 3 No. 9 (2024): Karimah Tauhid

Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar

Safari, Yusuf (Unknown)
Aidah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2024

Abstract

Pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar memerlukan strategi yang memperhatikan karakteristik kognitif, emosional, dan sosial siswa. Keterampilan matematis pada usia ini merupakan fondasi penting pengembangan dalam pemahaman konsep matematika di masa depan yang lebih kompleks. Untuk mencapai tujuan ini, penting bagi pendidik untuk mengadaptasi strategi pembelajaran yang memenuhi persyaratan individual peserta didik. Studi ini mengidentifikasi beberapa karakteristik utama siswa sekolah dasar yang mempengaruhi pembelajaran matematika, seperti kemampuan kognitif yang berkembang, kecenderungan terhadap pembelajaran visual atau kinestetik, dan tingkat kepercayaan diri dalam menyelesaikan masalah matematis.Berdasarkan karakteristik ini, berbagai strategi pembelajaran dapat diterapkan, termasuk penggunaan manipulatif matematika, pendekatan berbasis cerita, dan diferensiasi instruksional untuk mengakomodasi tingkat pemahaman dan kecepatan belajar yang berbeda.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...