Karimah Tauhid
Vol. 3 No. 10 (2024): Karimah Tauhid (On Proses)

Strategi Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Perkalian

Alansor, Pelita Bayhaqi (Unknown)
Safari, Yusuf (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2024

Abstract

Pemahaman siswa kelas III SD terhadap materi perkalian belum mencapai standar. Hal ini bisa dilihat dari tes diagnostik menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal perkalian.. Metode tradisional belum sepenuhnya efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Peneliti memiliki tujuan yaitu untuk menguji model pembelajaran perkalian interaktif dengan menggunakan metode yang berbeda seperti video pembelajaran, LKS dan beberapa permainan Congklak untuk meningkatkan pemahaman siswa. Metode penelitian dan pengembangan (R&d) digunakan dalam penelitian ini. Informasi hasil sebelum dan sesudah ujian diperoleh dalam bentuk lembar siswa. Pengajar ke rumah siswa kelas 3 SD Negeri Cileungs 01 berpartisipasi dalam penelitian ini. Model pembelajaran dilaksanakan dalam satu pertemuan dengan mengintegrasikan berbagai metode seperti yang telah disebutkan. Nilai rata-rata siswa meningkat antara pretest dan posttest. Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran yang digunakan berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi perkalian. Model pembelajaran perkalian interaktif dapat meningkatkan pemahaman siswa. Mengintegrasikan metode pembelajaran yang berbeda dapat membuat siswa berpartisipasi lebih aktif dan kontekstual, sehingga meningkatkan pemahaman siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...