Penelitian ini menguji pengaruh bahasa gaul yang digunakan siswa sekolah dasar terhadap kemampuan berbahasa Indonesia siswa. Secara global, perkembangan teknologi dan media sosial telah mengawali bangkitnya budaya populer seperti bahasa gaul remaja. Akan tetapi menggunakan Bahasa gaul yang over dapat menghambat terwujudnya bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan jati diri bangsa. Peneliti berharap dengan adanya peneletian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan bahasa gaul mempengaruhi kemampuan siswa sekolah dasar dalam berbahasa. berbahasa Indonesia, baik lisan maupun tulisan. Metode yang digunakan adalah analisis kasus kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dengan guru bahasa Indonesia di SDN Purwasari 01 Kota Bogor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa gaul oleh siswa mempengaruhi pilihan kosakata siswa di kelas bahasa Indonesia karena mengarah pada kosakata baru yang tidak sesuai. Selain itu, siswa lebih sering menggunakan bahasa gaul dibandingkan bahasa Indonesia baik di dalam maupun di luar sekolah. Hal ini membuat pembelajaran bahasa menjadi sulit bagi guru. Untuk menghindari konsekuensinya, sekolah mengajarkan penggunaan bahasa yang benar dan bekerja sama dengan orang tua. Namun pentingnya melestarikan bahasa Indonesia harus disadari agar dapat melestarikannya di kalangan pelajar. Usulan yang disampaikan antara lain peningkatan pengajaran bahasa di sekolah dan kampanye penggunaan bahasa yang baik di masyarakat melalui kerja sama multipihak.
Copyrights © 2024