Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
Vol 7, No 1 (2024): April

Analisis Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Terhadap Penguatan Karakter Melalui Kegiatan Suara Demokrasi OSIS Di SMP

Salsabila, Alfina (Unknown)
Rianto, Pingkan Aprileni Memorika (Unknown)
Hafizhah, Nabila (Unknown)
Hartono, Fershanda Vivi (Unknown)
Wahyuni, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2024

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis karakter siswa pada Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila P5 yang sesuai dengan program kurikulum merdeka melalui kegiatan suara demokrasi OSIS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang terletak di Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso. Subjek penelitian yaitu siswa kelas 7 dan kelas 8 dengan masing-masing kelas berjumlah 108 siswa yang akan mencalonkan diri sebagai pengurus OSIS serta kandidat ketua dan wakil ketua OSIS pada tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dengan tema suara demokrasi di dapat memberikan pengalaman baru bagi guru dan siswa. Siswa dapat menggunakan hak suaranya dalam kegiatan demokrasi ini dan memberikan pembelajaran pentingnya suara mereka untuk memilih pemimpin yang tepat.Abstract: This research was conducted to analyze the character of students in the Implementation of the Pancasila P5 Student Profile Strengthening Project in accordance with the independent curriculum program through student council democratic voice activities. The method used in this research is descriptive qualitative research. This research was conducted at a junior high school (SMP) located in Maesan District, Bondowoso Regency. The research subjects were grade 7 and grade 8 students with each class totaling 108 students who will run for student council management as well as candidates for chairman and vice chairman of the student council in the 2023/2024 school year. Data collection techniques in this study were observation, interview, and documentation. The results showed that the implementation of the Pancasila student profile strengthening project (P5) with the theme of democratic voice can provide new experiences for teachers and students. Students can use their voting rights in this democratic activity and provide learning on the importance of their votes to choose the right leader. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendekar

Publisher

Subject

Education

Description

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) yang secara khusus menerbitkan hasil penelitian dosen, mahasiswa semester akhir termasuk guru sekolah maupun kegiatan penelitian ilmiah ...