Perubahan kurikulum dalam satuan pendidikan tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi para guru, salah satunya adalah ketika adanya Keputusan Menteri Agama (KMA) yang terbaru, yakni mengenai kurikulum PAI dan Bahasa Arab. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian buku ajar bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah kelas 6 dengan Keputusan Menteri Agama (KMA) 183 Tahun 2019, serta mengetahui kelayakan buku ajar bahasa Arab untuk menjadi pegangan bagi satuan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah kelas 6 dalam memahami materi-materi yang ada di dalamnya. Metode yang digunakan dalam artikel ini yaitu pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif analisis, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik catat dan koreksi Hasil analisis menunjukkan bahwa 97,5% dari buku tersebut sudah sesuai dengan KMA 183 tahun 2019 dari segi kesesuaian kompetensi inti dan kompetensi dasar, yang menunjukkan bahwa buku ini layak yntuk menjadi buku pegangan siswa Madrasah Ibtidaiyah kelas 6.
Copyrights © 2023