Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengertian pembelajaran TPS (Think Pair Share) dan langkah-langkahnya serta mengupas hasil penelitian yang relevan terkait implikasinya terhadap penguasaan maharah kalam. Di dalam penelitian ini mengambil 4 (empat) jurnal yang telah diterbitkan. Metode yang digunakan dalam karya ilmiah ini adalah studi kepustakaan (library research) dimana studi kepustakaan digunakan untuk mengumpulkan berbagai sumber data atau teori yang mendukung dalam terbentuknya karya ilmiah ini. Adapun pembahasan dalam karya ilmiah ini adalah mendapatkan berbagai informasi melalui 4 (empat) jurnal tentang model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan kemampuan maharah kalam siswa. Selanjutnya, peneliti mendapatkan informasi bahwa hasil nilai keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan ketika diterapkannya strategi pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada saat pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, dengan adanya model pembelajaran Think Pair Share (TPS) sekiranya dapat memberikan solusi dan strategi yang inovatif dan variatif terhadap setiap guru/pendidik dalam menjalani proses pembelajaran bahasa Arab sehingga dapat meningkatkan maharah kalam siswa di kelas. Sehingga dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas.
Copyrights © 2023