Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan berbasis parenting di TK Muslimat NU, menjelaskan terkait perencaaan, pelaksanaan, evaluasi, tindak lanjut dalam program. Mendeskripsikan efektifitas program parenting di Tk muslimat NU yang dirasakan oleh orang tua pada pola asuh di Rumah. Penelitian ini, menggunakan metode deskriptif kualitatif pendekatan perkembangan dengan metode silang sekat atau croos sectional method, sedangkan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi rekaman suara maupun foto. Partisipan penelitian diantaranya adalah kepala sekolah, guru dan orang tua siswa. Adapun hasil penelitian di TK Muslimat NU tentang kegiatan parenting diantaranya adalah curah pendapat, temu wicara, kegiatan di alam, peringatan hari besar, hari konsultasi orang tua dan kunjungan rumah. Orang tua merasakan manfaat program parenting, pada cara mendidik yang baik, terbukti Anak lebih mudah beradaptasi, tanpa perintah keras anak dapat berkembang sesuai harapan, ibu dengan anak berkebutuhan khusus dapat menentukan pendidikan yang tepat bagi anaknya, ibu bisa berbenah cara pola asuh yang baik, dan hubungan baik antara guru dan orang tua bisa terjalin dalam menciptakan keselarasan pendidikan.
Copyrights © 2023