Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan
Vol 3, No 2 (2023): Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan

Pengembangan E-Modul Perencanaan Jalan Berbasis BIM di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan

Heryadi, Wahyu (Unknown)
Handoyo, Santoso Sri (Unknown)
Ramadhan, M. Agphin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk e-modul perencanaan jalan yang menggunakan teknologi Building Information Modelling (BIM). Studi ini menggunakan pendekatan 4D, yang terdiri dari empat tahap: Define (Definisi), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Untuk memulai, penelitian ini, peneliti melakukan analisis kebutuhan. Kemudian, perancangan produk disesuaikan dengan kebutuhan tersebut. Produk ini kemudian diuji kelayakannya oleh para ahli materi dan ahli media serta diuji secara terbatas pada pengguna yang sesuai. Uji validasi materi dan media menunjukkan bahwa e-modul sangat layak digunakan dengan tingkat persetujuan sebesar 92,45% dan 76,56%. Selain itu, uji coba terbatas produk menunjukkan peningkatan kognitif kategori tinggi dengan nilai gain (g) 0,727, dan nilai respons peserta menunjukkan e-modul yang sangat baik dengan tingkat persetujuan 94,56%. Berdasarkan data validasi dan uji coba terbatas dapat disimpulkan bahwa e-modul eksplorasi jalan berbasis BIM pada mata kuliah Tanah Mekanis dan Jalan Raya layak digunakan sebagai salah satu alternatif sumber belajar dalam pembelajaran mandiri bagi mahasiswa magister Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. E-modul ini dapat membantu mahasiswa untuk memahami konsep dasar perencanaan jalan. Selain itu, e-modul ini dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang teknologi BIM. Selain itu, produk ini dapat berguna dalam mendukung kurikulum Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan berbasis pembelajaran digital.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPTB

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Engineering Transportation Other

Description

The Journal of Building Engineering Education (JPTB) is a six monthly journal that contains manuscripts in the fields of education, building construction and entrepreneurship. The scope of JPTB is in the form of research results and analytical critical studies in the fields of Vocational Education, ...