Jurnal Pengabdian Multidisiplin
Vol. 4 No. 1 (2024): Jurnal Pengabdian Multidisiplin

Pendampingan Penyusunan Soal Berbasis High Order Thinking Skill untuk Guru Bahasa Arab di MI Nurussalam Mantingan

Siti Nikmatul Rochma (Unknown)
Ihwan Mahmudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2024

Abstract

MI Nurussalam Mantingan adalah sebuah sekolah dasar swasta yang memiliki system unik, salah satunya adalah pengelolaannya dibawah naungan Pondok Modern Darussalam Gontor yang menjadikan mayoritas system pengelolaan diadopsi dari pondok Gontor dan Bahasa Arab menjadi salah satu tujuan pembelajaran utama. Buku ajar Bahasa Arab yang digunakan dalam pembelajaran telah menargetkan pembiasaan ketrampilan berpikir tingkat tinggi, namun realita pelaksanaan pembelajaran dilapangan belum dalam mengkoordinir pelatihan ketrampilan tersebut secara maksimal dikarenakan kurangnya kompetensi guru. Intervensi tim kepada mitra diawali dengan forum group discussion tentang kendala dalam pengajaran bahasa Arab, kemudian ditindak lanjuti dengan sosialisasi tentang konsep dasar High Order Thinking Skill dan metode internalisasi konsep tersebut dalam langkah-langkah pembelajaran dalam kelas secara umum, kemudian diarahkan secara khusus dalam program pendampingan untuk menyusun instrument evaluasi materi Bahasa Arab berbasis High Order Thinking Skill . Hasil dari program pengabdian ini adalah peningkatan pemahaman guru tentang konsep High Order Thinking Skill dan internalisasi konsep tersebut dalam langkah-langkah pembelajaran, ditindak lanjuti dengan penyusunan instrument evaluasi pembelajaran Bahasa Arab berbasis HOTS. kata kunci : Butir soal, Evaluasi, High Order Thinking Skill

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

japamul

Publisher

Subject

Humanities Public Health Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Multidisiplin also known as JAPAMUL (Online ISSN 2775-2097) published by Kuras Institute in cooperation with Scidac Plus. JAPAMUL concerned and published articles related to the practice and processes of community service, engagement, and empowerment. Every article published ...