Journal of Education, Cultural, and Politics
Vol. 4 No. 2 (2024): Eighth Edition

Penguatan karakter anak- anak di Panti Asuhan

Andriani, Andriani (Unknown)
Isnarmi, Isnarmi (Unknown)
Dewi, Susi Fitria (Unknown)
Tiara, Monica (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program- program penguatan karakter anak yang ada di panti asuhan dan dampak dari adanya program penguatan karakter anak di panti asuhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang berlokasi di panti asuhan putra Aisyiyah Nanggalo. Informan penelitian terdiri dari pengurus, pengasuh, dan anak- anak yang berada di panti asuhan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dilakukan dengan membandingkan hasil wawancara, observasi dengan dokumen terkait penguatan karakter. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam membantu penguatan karakter anak, khusunya karakter religius, panti asuhan memiliki program- program seperti program sholat berjamaah, tahfidz, puasa Senin dan Kamis, dan kultum setelah subuh. Sedangkan untuk karakter mandiri, yaitu program piket harian dan mingguan, mencuci dan menyetrika pakaian sendiri, serta pelatihan berbagai keterampilan. Program-program ini dapat membantu dalam penguatan karakter anak- anak asuh, khususnya karakter religius dan mandiri. Oleh karena itu, penguatan karakter sangat perlu bagi anak- anak di panti asuhan agar mereka bisa memiliki karakter sesuai dengan ajaran agama dan mereka mampu untuk mengurus diri sendiri tanpa bantuan dari orang lain.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jecco

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Journal of Education, Cultural and Politics (JECCO) invites scholars, researchers, practitioners, and graduate students to submit their empirical original research papers on Education, Cultural and ...