Journal of Education, Cultural, and Politics
Vol. 4 No. 2 (2024): Eighth Edition

Pemberdayaan lansia oleh kader Posyandu

Fersa, Kenari Aisyah (Unknown)
Al Rafni (Unknown)
Fatmariza, Fatmariza (Unknown)
Muchtar, Henni (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pemberdayaan lansia di posyandu lansia, faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program posyandu lansia, dan dampak yang diperoleh lansia dari pemberdayaan yang dilakukan di posyandu lansia Pelangi Senja Kelurahan Pulai Anak Air. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif penelitian. Informan penelitian ini menggunakan Purpose Sampling yaitu Pengurus/kader lansia, masyarakat yang tergolong lansia, bidan, lurah tokoh masyarakat serta tokoh adat yang ada di Kelurahan Pulai Anak Air. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu dengan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabasahan data yaitu triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk Pemberdayaan lansia Posyandu lansia Pelangi Senja diberikan melalui pelayanan kesehatan, pelayanan keterampilan, pelayanan spiritual, dan pelayanan penyuluhan. Faktor-faktor yang menyebabkan minimnya kehadiran lansia pada posyandu lansia yaitu kondisi kesehatan lansia menurun, jarak tempat tinggal yang jauh dari posyandu, faktor pekerjaan lansia, kurangnya kesadaran lansia, kurangnya dukungan keluarga, dan peran kader yang kurang optimal. Dampak yang diperoleh lansia dari pemberdayaan yang dilakukan diantaranya berdampak pada kesehatan, social, spiritual, dan dampak ekonomi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jecco

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Journal of Education, Cultural and Politics (JECCO) invites scholars, researchers, practitioners, and graduate students to submit their empirical original research papers on Education, Cultural and ...