Peka : Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntasi FKIP UIR Pekanbaru
Vol. 12 No. 1 (2024): Juni

PENGARUH ANGGARAN PENDIDIKAN TERHADAP HUMAN DEVELOPMENT INDEX (HDI) DI INDONESIA PERIODE TAHUN 2004 SAMPAI DENGAN TAHUN 2023

Baskara, Agus (Unknown)
Dahlan, Dadang (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh anggaran pendidikan terhadap Human Development Index (HDI) di Indonesia dari tahun 2004 hingga 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional, di mana variabel bebas adalah anggaran pendidikan dan variabel terikat adalah HDI. Data sekunder yang digunakan diperoleh dari Departemen Keuangan Republik Indonesia, United Nations Development Programme (UNDP), dan Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia. Analisis data dilakukan menggunakan program SPSS dan AMOS untuk model regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang sangat kuat antara anggaran pendidikan dan HDI dengan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,943. Model regresi menghasilkan persamaan y=0,620+0,002xy = 0,620 + 0,002xy=0,620+0,002x, yang menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara anggaran pendidikan dan HDI. Setiap kenaikan satu triliun Rupiah dalam anggaran pendidikan diperkirakan meningkatkan HDI sebesar 0,002 unit. Hasil ini menunjukkan bahwa investasi dalam pendidikan memiliki dampak yang signifikan terhadap pembangunan manusia di Indonesia. Temuan ini mengindikasikan bahwa kebijakan peningkatan anggaran pendidikan dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Peka

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Peka bertujuan untuk menggali dan menerbitkan tulisan tentang isu-isu terkini terkait dengan pengajaran dan pembelajaran ekonomi dan akuntansi baik pada tingkat sekolah menengah dan pendidikan ...