Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh anggaran pendidikan terhadap Human Development Index (HDI) di Indonesia dari tahun 2004 hingga 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional, di mana variabel bebas adalah anggaran pendidikan dan variabel terikat adalah HDI. Data sekunder yang digunakan diperoleh dari Departemen Keuangan Republik Indonesia, United Nations Development Programme (UNDP), dan Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia. Analisis data dilakukan menggunakan program SPSS dan AMOS untuk model regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang sangat kuat antara anggaran pendidikan dan HDI dengan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,943. Model regresi menghasilkan persamaan y=0,620+0,002xy = 0,620 + 0,002xy=0,620+0,002x, yang menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara anggaran pendidikan dan HDI. Setiap kenaikan satu triliun Rupiah dalam anggaran pendidikan diperkirakan meningkatkan HDI sebesar 0,002 unit. Hasil ini menunjukkan bahwa investasi dalam pendidikan memiliki dampak yang signifikan terhadap pembangunan manusia di Indonesia. Temuan ini mengindikasikan bahwa kebijakan peningkatan anggaran pendidikan dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat Indonesia.
Copyrights © 2024