Progressive of Cognitive and Ability
Vol. 3 No. 2 (2024)

Pengaruh Siswa Terhadap Penggunaan Game Pada Edukasi Digital

Siti Aminah (Unknown)
Salman (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan tanggapan siswa terhadap penggunaan game edukasi digital oleh siswa. Masyarakat lokal percaya bahwa game memengaruhi pelajaran, yang mendorong tujuan tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa sebanyak 86 persen siswa setuju bahwa menggunakan game edukasi sebagai alat pembelajaran mempermudah mereka belajar. Namun, ada beberapa siswa yang tidak setuju dan kurang yakin bahwa game edukasi membantu mereka belajar. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis data minat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game berada dalam kategori baik berdasarkan nilai dan estetika guru, serta kemudahan navigasi dan fungsi keseluruhan. Karena siswa selalu terhubung dengan game permainan mereka, cara baru untuk mengajar siswa melalui game edukasi digital telah dibuka. Oleh karena itu, fokus penelitian ini adalah bagaimana guru dapat menggunakan game edukasi digital untuk meningkatkan pengetahuan kognitif siswa mereka. Metode ini akan diterapkan melalui.media informasi dan komunikasi (ICT) yang dapat mendorong peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan menyelesaikan masalah. Game edukasi digital akan menjadi sarana yang menyenangkan untuk memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan kreativitas dan kemampuan berfikir mereka. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskritif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpr

Publisher

Subject

Education Other

Description

This journal is a publication that contains research results, development of innovative and relevant research and related conceptual studies and/or developments in the field of Education. This journal has a focus and scope that includes: 1. Educational learning and services. 2. Evaluation of ...