Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 2 No 2 (2023): Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam

Pemanfaatan Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Online

Fitriyah, Lailatul (Unknown)
Rifai, Abdul Aziz (Unknown)
Sukmawati , Anis (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Pembelajaran online menjadi alternatif untuk terus melanjutkan proses pendidikan di masa pandemi. Menurunnya kualitas pembelajaran disebabkan oleh penyampaian materi yang hanya mengandalkan aplikasi online meeting yang dipadukan penyajian materi melalui slide presentasi. Metode ini menempatkan peserta didik sebagai pendengar yang cenderung pasif karena pembelajaran kurang interaktif. Oleh karena itu, dengan menggunakan metode penelitian studi kepustakaan (library research), dalam artikel ini akan dipaparkan bagaimana pendidik dapat memanfaatkan multimedia interaktif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran online. Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa, ada beberapa model media interaktif yang dapat dimanfaatkan seperti; 1) Model Tutorial; 2) Model Drills; 3) Model Simulasi; dan 4) Model Instructional Games. Dari keempat model tersebut, model instructional games seperti Kahoot, Educandy, Wordwall, menjadi model yang lebih banyak diminati oleh siswa. Dengan demikian, rekomendasi kepada para pendidik, perlu upaya lebih lanjut untuk memperbaiki cara penyampaian materi dalam pembelajaran online, dengan mempertimbangkan kebutuhan dan gaya belajar siswa serta melatih keterampilan digital untuk dapat memanfaatkan multi media agar proses pembelajaran dapat berjalan lebih efektif dan interaktif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

arrusyd

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Fokus dan ruang lingkup Jurnal Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam adalah isu-isu penting dan aktual tentang pendidikan agama Islam seperti Penelitian tindakan kelas dalam pendidikan Islam, Ilmu pendidikan Islam, Strategi pembelajaran pendidikan Islam, Kurikulum pendidikan Islam, Manajemen ...