Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 1 (2024): Januari-Juni 2024

ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA KPK DAN FPB

Hanifah, Nur (Unknown)
Ramadhan, Muhammad Gilang (Unknown)
Riswari, Lovika Ardana (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa kelas 4 SDN 5 Honggosoco dalam menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa lembar wawancara dan observasi, sedangkan instrumen penelitian ini menggunakan metode tes, dimana berupa dua soal penalaran berbasis soal cerita KPK dan FPB yang dipergunakan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas 4 SD 5 Honggosoco dalam kemampuan penalaran matematis. Berdasarkan hasil penelitian bahwa diperoleh hasil dengan keriteria tinggi 7 siswa, keriteria sedang 8 siswa dan keriteria rendah 5 siswa. Dengan adanya data tersebut dapat diketahui bahwa kemampuan siswa di SDN 5 Honggosoco dalam menjawab penalaran soal cerita KPK dan FPB sudah cukup baik, mengingat jumlah kriteria rendah lebih sedikit dari jumlah kriteria sedang dan tinggi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alpen

Publisher

Subject

Other

Description

Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Contains writings on conceptual ideas, studies equipped with research results or literature, and application of theories related to education, especially in the field of primary school education. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar is a journal that aims to be a forum of ...