Computer and Informatics Education Review
Vol 5 No 01 (2024): Computer and Informatics Education Review, Januari

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PPLG SMKN 4 KOTA BENGKULU

Utama, Adamsyah Futra (Unknown)
Yul, Fadlul Amdhi (Unknown)
Selviani, Diah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas x di SMKN 4 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini adalah analisis kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik, observasi, angket, tes, dokumentasi Hasil penelitian menujukan efektivitas media pembelajaran quizizz terhadap hasil belajar siswa dari analisis kuesioner yang mendapatkan mean atau rata-rata 82,33 dan persentase 84,05% dengan keterangan Tinggi. Sedangkan efektifitas media Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji paired sampel t-test dapat disimpulkan bahwa untuk nilai pretest posttest menunjukan bahwa sig (2-tailed) bernilai sebesar 0,00 maka dinyatakan lebih kecil <0,05. Secara statistik dapat ditulis (0,000 < 0,05) maka dapat diartikan bahwa Ha diterima dan H¬0 ditolak yang berarti adanya efektivitas model pembelajaran menggunakan Quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas X Multimedia di SMKN 4 Kota Bengkulu. Selain itu, nilai thitung = 52,311 > ttabel = 2,000 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti adanya efektivitas pembelajaran Quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas X Multimedia di SMKN 4 Kota Bengkulu dengan materi dasar-dasar desain grafis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cier

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Computer and Informatics Education Review - CIER a peer-reviewed and open-access journal published by the Faculty of Education and Teacher Training Universitas Dehasen Bengkulu in associated with Budapest International Research and Critics University (BIRCU) Publisher. CIER scoped in Computer ...