E-modul merupakan bentuk bahan belajar secara mandiri yang disusun sistematis secara elektronik, bersifat dinamis sebagai alternatif sumber dan media pembelajaran yang efisien. Rumusan masalah ini adalah bagaimana validitas dan efektivitas e-modul Ilmu pengetahuan sosial kelas 8 semester 1 SMP Negeri 2 Ngunut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Skema alur penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi dari penelitian pengembangan Borg & Gall yaitu dari Research and Information Collecting sampai pada tahapan ke-10 yaitu Disemination And Implementation. Hasil validitas E-Modul Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 8 semester 1 oleh ahli materi, ahli media pembelajaran, guru mata pelajaran yang terkait masuk dalam kategori rerata sangat baik. Hasil uji menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan E-Modul Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8 Semester 1 hasilnya lebih baik dari pada kelas kontrol yang menggunakan buku teks. Hasil ini terbukti dengan rata-rata untuk kelompok eksperimen yaitu sebesar 81,08 dan rata-rata kelompok kontrol yaitu sebesar 74,48. Hasil perhitungan dari uji t menunjukkan nilai t 0.031 < 0.05 Ha diterima yang artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021