JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Pendistribusian Hasil Tangkapan Ikan (Tinjauan Sosioloigi Ekonomi tentang Nelayan di Desa Sioban Kecamatan Sipora Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai)

Rasidin, Rasidin (Unknown)
Rahmadani, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pendistribusian hasil tangkapan ikan nelayan Desa Sioban Kecamatan Sipora Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengidentifikasi aktor yang terlibat dalam pendistribusian hasil tangkapan ikan nelayan di Desa Sioban Kecamatan Sipora Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai. 2) untuk mendiskripsikan pendistribusian hasil tangkapan ikan nelayan di Desa Sioban Kecamatan Sipora Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori strutural fungsional yang dikemukakan oleh Talcott Parson. Teknik pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling dengan jumlah 16 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan dengan model analisis data yang interaktif (miles dan huberman) yang mencakup empat tahapan yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : 1) aktor yang terlibat dalam pendistribusian hasil tangkapan ikan nelayan di Desa Sioban Kecamatan Sipora Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, nelayan dan keluarga, penampung besar, penampung kecil. 2). Pendistribusian hasil tangkapan ikan nelayan Sioban proses pendistribusiannya masih tradisional dengan rantai pasok: (a) nelayan-konsumen (b) nelayan-penampung kecil (c) nelayan-penampung besar-toke/agen-konsumen.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...